Mengapa Pendidikan Penting?

Hiiii readers, Rama is back!!! It's been a long time right? 
Kali ini aku akan ngebahas betapa pentingnya pendidikan, so check this out and happy reading guys ^^
      
       Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda tetapi semuanya menunjukkan bahwa pendidikan itu sangatlah penting. Kenapa penting? Ini adalah stereotypes yang yang sering kali muncul mengenai pendidikan, dengan pendidikan kita bisa menjadi cerdas dan pintar, jika kita cerdas dan pintar kita bisa memiliki pekerjaan yang bagus, dengan pekerjaan yang bagus kita bisa memiliki banyak uang, dengan banyak uang kita bisa membeli apapun yang kita mau, dengan bisa membeli apa saja yang kita mau secara tidak langung kita menunjukkan bahwa kita kaya akan harta, dengan menunjukkan bahwa kita kaya orang akan berfikir kalau kita memiliki kekuasaan, dengan kekuasaan itu orang akan menghargai dan menghormati kita, dan itu akan berlanjut seterusnya. Seringkali, orang-orang lupa alasan terpenting dari pendidikan yaitu kita bisa merubah dunia ini menjadi dunia yang lebih baik lagi dan menjadi tempat yang nyaman bagi setiap orang untuk hidup. Bagaimana bisa? Dengan pendidikan kita bisa pintar, cerdas, bahkan kreatif. Dengan itu semua kita bisa mengatasi setiap permasalahan yang ada dah kita bahkan bisa mengatasi permasalahan yang ada di dunia ini.

      Salah satu contohnya adalah perbedaan sistem pendidikan Indonesia dan Amerika Serikat. Perbedaannya sangat terlihat sekali. Pertama, di Amerika setiap siswa bisa memilih pelajaran apa saja yang merka mau pelajari dan mereka hanya memiliki tujuh mata pelajaran, mereka hanya memiliki tiga mata pelajaran wajib yang diambil seperti US History, English, dan Sains (hanya memilih satu bagian dari sains misalnya pelajaran biologi). Murid-muridnya tidak diwajibkan memakai seragam, mereka bebas mengenakan apa saja yang mereka inginkan selama itu masih dalam batas wajar regulasi sekolah. Dan mereka menggunakan sistem pindah kelas, jadi setiap pergantian mata pelajaran mereka berganti kelas. Istilah singkatnya jika di indoneia guru yang mendatangi kelas murid tetapi di AS murid yang mendatangi guru. Kedua, di Indonesia murid SMA nya memiliki 14-15 mata pelajaran dan dibagi dalam dua jurusan yaitu IPA dan IPS terkadang juga ada jurusan Bahasa, murid-muridnya diwajibkan untuk memakai seragam sesuai dengan reglulasi yang ttelah diterapkan oleh pihak sekolah.


Hal-hal tersebut adalah perbedaan sistem pendidikan yang sederhana antara Indonesia dan Amerika Serikat. Kita tidak perlu membanding-bandingkan mengenai sistem mana yang lebih efektif ataupun mana yang tidak karena pada umumnya pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membuat kita menjadi orang yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsa. Seharusnya kita bersyukur karena pada saat ini batasan dalam pendidikan sudah berkurang. Laki-laki dan perempuan, kaya atau miskin, memiliki hak yang sama dalam pendidikan walaupun ada di beberapa negara lain yang memiliki batasan dalam pendidikan bahkan di beberapa daerah di negara kita juga susah bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan karena keterbatasan ekonomi ataupun fasilitas yang tidak memadai.

Sebagai anak bangsa yang beruntung yang bisa mengenyam bangku sekolah tanpa harus melalui banyak rintangan, kita sudah sepatutnya bersyukur. Jangan malas-malasan untuk belajar, jangan mengeluh walaupun sistem pendidikan di Indonesia tidak sebaik negara lain. Jalani prosesnya dengan ikhlas, karena masa depan negri ini terletak pada generasi mudanya. Ingatlah selalu tidak semua orang bisa beruntung seperti kita, banyak anak bangsa diluaran sana yang memiliki keinginan untuk sekolah tetapi terhalang oleh faktor-faktor yang membuat mereka tidak bisa sekolah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Better Understanding for a Better World (BUBW 2016)

IMPOSSIBLE?? Are you sure??????

Chocholate of Love